Wedang Uwuh, Minuman Tradisional Khas Imogiri yang Banyak Dicari Saat Wabah Covid-19

24 Maret 2020 07:39:07 WIB

Karangtengah News-Merebaknya wabah korona atau covid-19 membuat pedagang wedang uwuh kewalahan memenuhi permintaan. Wedang uwuh yang merupakan minuman tradisional khas Imogiri yang banyak dijumpai di sekitar makam raja-raja Mataram. Wedang adalah kata dalam bahasa Jawa yang berarti minuman, sedangkan uwuh berarti sampah. Minuman ini dinamakan demikian karena bahan-bahan yang berupa dedaunan mirip dengan sampah. Namun di balik ramuan-ramuan itu terdapat khasiat yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Racikan wedang uwuh terdiri dari daun cengkeh, kayu manis, daun pala, jahe, kayu secang, dengan menggunakan pemanis dari gula batu.

Khasiat wedang uwuh untuk kesehatan dan kebugaran tubuh ternyata banyak sekali. Minuman khas Imogiri ini merupakan minuman tradisional yang belakangan makin populer dan dicari banyak orang. Apalagi di tengah merebaknya penyebaran virus korona. Banyak orang yang percaya dengan mengonsumsi minuman wedang uwuh ini tubuh menjadi hangat dan sistem kekebalan tubuh akan terjaga dengan baik. Sehingga, tidak mudah terserang virus.

Wedang uwuh juga populer dengan sebutan teh uwuh karena cara membuatnya yang mirip yaitu dengan diseduh air panas. Namun ini bukanlah minuman biasa, karena dibuat dari beragam jenis herbal dan khasiat wedang uwuh untuk kesehatan sudah banyak teruji. Aroma racikan wedang uwuh sangat khas terutama sebelum diseduh. Setelah diseduh minuman akan berwarna kemerahan yang berasal dari kayu secangnya. Rasanya juga manis dan pedas khas herbal.

Racikan wedang uwuh dibuat dari beragam herbal yang berkhasiat obat. Karena itu mengkonsumsi minuman ini akan memberikan banyak manfaat untuk kebugaran dan kesehatan.

Berikut ini bahan herbal yang terdapat dalam minuman ini beserta khasiat wedang uwuh untuk kesehatan yang sebaiknya anda tahu.

Jahe

Jahe diketahui bersifat antikoagulan yang bermanfaat dalam mencegah penggumpalan darah. Jahe juga mengandung antioksidan yang berguna untuk mengatasi radikal bebas. Jahe juga kaya minyak asiri berguna untuk meningkatkan fungsi jantung.

Kandungan mineral lain dalam jahe juga mampu memperkuat otot usus dan merangsang selaput lendir perut besar. Ini akan menguatkan lambung, memperbaiki dan melancarkan pencernaan.

Kayu Secang

Wedang uwuh yang berwarna merah berasal dari kayu secang (Caesalpinia sappan). Khasiat wedang uwuh dari bahan ini karena bersifat antioksidan, antikanker, melancarkan peredaran darah, dan melegakan pernapasan.

Daun dan Buah Pala

Pala, baik bagian buah dan daunnya kaya dengan kandungan kimianya seperti saponin, polifenol, dan flavonoid. Zat ini ampuh dalam mengatasi imsomnia, batuk berlendir, masuk angin, mengobati kejang otot, dan meredakan nyeri.

Herbal ini juga bersifat antiemetik (mengatasi rasa mual), stomakik (melancarkan pencernaan), dan karminatif (melancarkan buang angin). Tanaman ini juga baik untuk mengatasi rematik, melancarkan sirkulasi darah, dan meredakan nyeri haid.

Cengkeh

Khasiat wedang uwuh dari bahan cengkeh diketahui bersifat kimiawi yang hangat, bersifat aromatik, dan rasanya tajam. Herbal ini juga mempunyai efek farmakologis sebagai antiseptik, perangsang (stimulan), anestetik lokal, menghilangkan kolik, dan peluruh kentut (icarminative).

Di dunia medis, minyak cengkeh dimanfaatkan untuk meredakan sakit gigi. Bunga cengkeh (Syzygium aromaticum) kaya minyak atsiri, asam galotanat, asam oleanolat, karyofilin, eugenol, fenilin, resin, dan gom.

Khasiat wedang uwuh dari herbal ini ampuh untuk mengobati rematik, radang lambung, sinusitis, campak, sakit gigi, batuk, sakit kepala, kembung, mual dan muntah, masuk angin, dan terlambat haid.

Daun dan Kayu Manis

Selain rasanya yang manis, herbal ini juga berkhasiat sebagai antioksidan, mengatasi sakit perut, kembung, sakit kepala karena sinus, dan memulihkan rasa lelah, dan meningkatkan imunitas tubuh.

Kapulaga

Khasiat wedang uwuh dari bahan kapulaga juga kaya dengan kandungan protein, gula, lemak, minyak atsiri, sineol, terpineol,karvona, dan mineral penting lainnya. Kanddungan ini ampuh sebagai obat batuk maupun untuk mencegah pengeroposan tulang.

Akar dan Daun Sereh

Akar sereh berkhasiat sebagai obat batuk, peluruh dahak, bahan kumur, peluruh air seni, peluruh keringat, dan menghangatkan badan. Begitupun daun  sereh yang berkhasiat meredakan kejang, penurun panas, dan menambah nafsu makan.

Itulah beragam bahan herbal yang memberikan khasiat wedang uwuh untuk kesehatan tubuh. Sedangkan gula batu digunakan dalam ramuan ini untuk tidak menghilangkan aroma dan citarasa asli herbalnya.




Disarikan dari:https://www.harapanrakyat.com/2019/10/khasiat-wedang-uwuh-minuman-sampah-rempah/, Selasa 24 Maret 2020

Komentar atas Wedang Uwuh, Minuman Tradisional Khas Imogiri yang Banyak Dicari Saat Wabah Covid-19

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License