Etika Bersin dan Batuk sebagai Upaya Pencegahan Virus Korona

24 Maret 2020 07:56:28 WIB

Karangtengah News-Sejak wabah virus Corona atau Covid-19 menyebar di sejumlah tempat, menjaga etika batuk dan bersin khususnya di tempat umum sangat perlu diperhatikan. Hal ini sebagai upaya pencegahan penyebaran virus berbahaya tersebut agar tidak semakin meluas. Virus Corona bisa menular melalui air liur dan selaput lendir saat batuk atau bersin dari orang yang terpapar, jika melakukan kontak langsung dengan orang lain. Untuk menjaga dari hal-hal yang berdampak lebih luas maka saat bersin dan batuk dapat melakukan prosedur sebagai berikut.

  1. Tutup hidung dan mulut dengan tisu atau sapu tangan, Menutup hidung dan mulut saat batuk atau bersin menjadi salah satu etika yang mampu meminimalisir penyebaran virus kepada orang lain. Namun, perlu juga diperhatikan caranya untuk menutup mulut saat batuk atau bersin dengan menggunakan tisu atau sapu tangan. Tidak disarankan untuk menutup mulut hanya menggunakan telapak tangan kosong saja. Pasalnya, setelah menyentuh benda di tempat umum, dikhawatirkan benda tersebut turut terpapar virus.
  2. Jika tidak ada tisu atau sapu tangan dapat menggunakan lengan baju bagian dalam. Menggunakan lengan untuk menutup bersin dan batuk sudah menjadi standar karena bagian ini merupakan bagian yang sedit bersentuhan dengan benda lain.
  3. Buang tisu yang sudah digunakan di tempat sampah. Setelah menggunakan  tisu maupun bahan lainnya, diharapkan jangan membuang barang tersebut di sembarang tempat. Hal ini bisa membuat risiko penyebaran virus semakin meluas. Buanglah di tempat sampah yang tertutup.
  4. Cuci tangan dengan menggunakan air bersih dan sabun atau pencuci tangan berbasis alkohol. Langkah ini akan mematikan kuman-kuman yang menempel di tangan.
  5. Menggunakan masker. Menggunakan masker saat flu, pilek, dan batuk sangat penting dilakukan ketika berada di tempat umum. Hal ini sangat efektif  untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Masyarakat disarankan memilih masker dengan tiga lapisan untuk mencegah air liur menyebar saat batuk maupun bersin. Namun yang perlu diperhatikan, Anda juga harus mengganti masker setiap harinya. Hal ini bertujuan untuk memastikan area mulut terbebas dari kuman dan higienis.

Disarikan dari: Muhammadiyah Covid-19 Command Center

Komentar atas Etika Bersin dan Batuk sebagai Upaya Pencegahan Virus Korona

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License