SELAMAT HARI RAYA NYEPI 2020!

25 Maret 2020 13:55:28 WIB

KarangtengahInfo - Hari ini  (25/3/2020) umat Hindu di Indonesia merayakan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1942. Hari Nyepi jatuh pada tanggal 1 bulan ke-10 dalam perhitungan kalender Bali. Nyepi adalah hari raya umat Hindu yang dirayakan setiap tahun baru Saka.

 

Dilansir dari beberapa sumber, menurut Guru Besar Pariwisata Universitas Udayana, I Gede Pitana, kelahiran agama Hindu yang harmonis. Hari Raya Nyepi juga disebut sebagai Tahun Baru Isaka dan dirayakan oleh semua umat Hindu di dunia. Pitana mengatakan bahwa perayaan Nyepi di Bali terbilang cukup unik. Kendati namanya adalah “perayaan”, tetapi Hari Raya Nyepi tidak dirayakan dengan gegap gempita.

 

Hari Raya Nyepi adalah hari yang sangat disucikan sebagai awal tahun. Untuk memulai tahun ke depan itu, dilakukan introspeksi dan retrospeksi.

 

Dalam melaksanakan Nyepi, terdapat empat hal yang dilarang yang bernama Catur Brata Penyepian.

Empat larangan tersebut adalah amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), , amati lelanguan (tidak bersenang-senang), dan amati geni (tidak menyalakan api).

 

Untuk amati lelungan, umat Hindu harus berada di dalam rumah dan tidak boleh keluar dari pekarangan rumah. Selanjutnya ada amati lelanguan. Tidak boleh menghibur atau membuat hiburan seperti nonton televisi, video, bermain game, menyalakan musik, bernyanyi, dan sebagainya.

 

Sementara larangan keempat adalah amati geni yang berarti tidak boleh menyalakan api.

 

Selain api untuk memasak selama Nyepi, tetapi juga api yang terdapat dalam emosi manusia.

Menurut Pitana, api-api tersebut antara lain adalah api amarah, nafsu, asmara, cemburu, iri, dan lain-lain. Dia menuturkan bahwa seluruh api tersebut harus dimatikan.

 

Menurut Wikipedia, Nyepi berasal dari kata sepi (sunyi, senyap). Hari Raya Nyepi sebenarnya merupakan perayaan Tahun Baru Hinduberdasarkan penanggalan/kalender caka, yang dimulai sejak tahun 78 Masehi.

 

Tidak ada aktivitas seperti biasa. Semua kegiatan ditiadakan, termasuk pelayanan umum, seperti Bandar Udara Internasional pun tutup, namun tidak untuk rumah sakit.

Tujuan utama Hari Raya Nyepi adalah memohon ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa, untuk menyucikan Bhuana Alit(alam manusia/microcosmos) dan Bhuana Agung/macrocosmos(alam semesta).

 

 

 

Komentar atas SELAMAT HARI RAYA NYEPI 2020!

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License