Demi Cegah Penyebaran Virus Korona, Ngunduh Mantu Pun Dibatalkan

26 Maret 2020 08:02:19 WIB

Karangtengah News-Pemerintah Kabupaten Bantul akhirnya mengeluarkan Surat Edaran Larangan Mengadakan Kegiatan yang Berpotensi Penularan Infeksi Covid-19, Kamis (26/3). Edaran yang tertuang dalam nomor 440/01559, berisi larangan mengadakan kegiatan keagamaan dan sosial kemasyarakatan yang menyebabkan berkumpulnya masa dalam jumlah banyak baik di tempat umum maupun di tempat sendiri. Keputusan pengeluaran surat edaran itu disebabkan karena penyebaran virus korona atau covid-19 yang semakin meluas khususnya di wilayah Kabupaten Bantul.

Salah satu acara yang terpaksa dibatalkan adalah acara Ngunduh Mantu di wilayah Kemasan, Karangtengah, Imogiri. Pembatalan kegiatan ini karena mengikuti anjuran pemerintah dan maklumat kepolisian tentang pencegahan penyebaran virus korona. Acara yang direncanakan di gelar di rumah Bapak Subandiyo ini tampak sepi, tak ada tamu undangan yang hadir, hanya tampak beberapa kerabat yang menemani.

Acara Ngunduh Mantu rencana akan digelar tanggal 25 Maret 2020. Acara Ngunduh Mantu merupakan bagian dari acara pernikahan Pradana Hidayat dan Nurintan direncanakan akan dilaksanakan dari pukul 10.00-13.000. Persiapan peralatan dan tempat juga sudah disiapkan.  Tenda sudah dipasang, undangan sudah beredar, namun semua harus mengikuti keputusan dari pemerintah.

"Semua undangan sudah kami edarkan sejak beberapa bulan yang lalu, namun karena keadaan kami harus membatalkan acara ini." terang panitia pelaksana.

"Dari pembatalan kegiatan tersebut pihak keluarga juga menyadari dan taat kepada aturan pemerintah, walaupun berat hati acara kami batalkan. Mohon maaf kepada tamu undangan". ujar Mulyono salah satu kerabat.

Pembatalan acara Ngunduh Mantu tersebut merupakan bagaian dari ketaatan warga masyarakat terhadap himbauan dari pemerintah. Diharapkan dengan pembatalan ini bagi warga masyarakat yang akan mengadakan acara resepsi pernikahan diharapkan menunda sampai dengan situasi kembali kondusif.

  

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License