Rembug Warga Bersama KKN Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung

Dwi Nuryanti 20 Maret 2021 04:16:52 WIB

KarangtengahNews - KKN Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung mengadakan acara rembug warga di Kalurahan Karangtengah. Acara ini diselenggarakan pada hari Jumat, 19 Maret 2021 pukul 13.30 - 15.30 WIB yang bertempat di GOR Satria Bangsa, Karangtengah. Rembug warga dihadiri oleh tokoh-tokoh masyarakat perwakilan dari 6 dusun, yaitu tokoh dukuh, kader, takmir masjid dan karang taruna kalurahan. Acara rembug warga bertujuan untuk merancang program dalam upaya penyelesaian permasalahan kesejahteraan sosial di Kalurahan Karangtengah. Keterlibatan tokoh masyarakat dalam perancangan program diharapkan dapat memberikan program yang tepat sasaran, sesuai dengan permasalahan yang diharapi Kalurahan Karangtengah.

Acara dimulai dengan paparan penilaian awal dari pihak KKN mengenai kondisi kesejahteraan sosial di Kalurahan Karangtengah, yang mengerucut pada 6 fokus intervensi. Fokus tersebut yaitu mengenai disabilitas, lanjut usia terlantar, keluarga bermasalah sosial psikologis, bencana, pembentukan organisasi sosial masyarakat serta karang taruna. Karang taruna menjadi salah satu fokus intervensi dilihat dari sisi potensialnya sebagai sumber daya yang perlu dioptimalkan untuk menjadi media penyelesaian permasalahan kesejahteraan sosial dimasa depan. Kemudian, ke 6 fokus intervensi tersebut dibagi ke dalam 6 dusun. Masing-masing dusun mendapatkan 1 topik untuk didiskusikan sehingga dapat dicari penyebab, dampak dan upaya penyelesaiannya. Diskusi berjalan dengan sangat aktif dan antusias dari para perwakilan tokoh masyarakat. Pada akhir acara, dilakukuan presentasi hasil diskusi yang dipaparkan oleh pihak KKN.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License