Kerjabakti Pembuatan Lahan dan Penanaman Toga oleh Ibu-ibu PKK Karangtengah dan Hima Farmasi STIKES

RISKA RIADANI 25 Juli 2022 10:52:31 WIB

Penindaklanjutan terkait program yang dilakukan oleh PPK Ormawa Himpunan Mahasiswa Farmasi STIKES AKBIDYO tentang Optimalisasi Potensi Desa Karangtengah dalam Pengembangan Tanaman Obat Keluarga melalui Taman Edukasi dan Kafe Jamu "CANANGA" (Cinta Tanaman Obat Keluarga). 

Setelah beberapa hari yang lalu melakukan sosialisasi kepada ibu-ibu PKK Karangtengah dan Kelompok Wanita Tani (KWT), kemudian pada Sabtu (23/7) melakukan kerjabakti pembuatan lahan dan penanaman Toga oleh PPK Ormawa Himpunan Mahasiswa Farmasi STIKES AKBIDYO yang dibantu oleh Ibu-ibu PKK dan KWT Karangtengah, di Padukuhan Mojolegi.

Kegiatan ini dihadiri oleh Lurah Karangtengah, Haryanto dan beberapa pejabat dari Kalurahan Karangtengah yang juga ikut melakukan kerjabakti membuat lahan dan menanam Toga.

Adapun Toga yang ditanam ialah jahe, lengkuas, kunyit, temulawak, temumangga, temuhitam, kencur, salam, telang dan lidah buaya. Serta tanaman hidroponik berupa seledri dan mint.

Perawatan tanaman dilakukan oleh mahasiswa Farmasi STIKES AKBIDYO dan Kader "CANANGA" dengan rutin menyiram tanaman setiap sore hari. 

Toga ini dapat memberikan banyak manfaat. Diantaranya lidah buaya untuk mengobati luka, untuk kecantikan seperti masker wajah, shampoo rambut, dsb. Kemudian jahe-jahean dimanfaatkan untuk kesehatan seperti mengobati batuk, pilek, demam, dan berbagai penyakit lainnya, dapat dimanfaatkan pula untuk penyedap rasa masakan. Serta sayur-sayuran untuk memenuhi kebutuhan gizi.

Selain memenuhi akan kebutuhan masyarakat itu sendiri, hasil dari Toga dapat dimanfaatkan untuk peningkatkan perekonomian warga sekitar dengan menjual langsung hasil panen dan juga mengolahnya terlebih dahulu menjadi jamu dan wedang uwuh, yang dapat meningkatkan nilai jual.

Harapannya dengan adanya program ini dapat membantu memenuhi kebutuhan dan juga meningkatkan perekonomian masyarakat Kalurahan Karangtengah.

Komentar atas Kerjabakti Pembuatan Lahan dan Penanaman Toga oleh Ibu-ibu PKK Karangtengah dan Hima Farmasi STIKES

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Pengumuman

SAKSIKANLAH TURNAMEN BOLA VOLY DI LAPANGAN GALOMBO MOJOLEGI

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License